Cara Menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop

Cara Menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop

Cara Menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop - Sebagai pengguna komputer, tentu sobat tidak asing dengan yang namanya virus dan malware. Hmm...ya...dua jenis makhluk ini tidak hanya dapat membuat kita jengkel, lebih parah lagi jika PC sobat sudah terjangkit virus dan malware maka resikonya cukup besar dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan parah. Oleh karena itu tentu saja kedua makhluk menyebalkan ini harus kita basmi sampai ke akar-akarnya.... 

Cara Menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop


Sebenarnya Virus itu ada banyak jenisnya, namun salah satu yang paling banyak menjangkit pengguna komputer di dunia adalah Adware. Sebenarnya virus yang satu ini tidaklah berbahaya seperti trojan atau jenis lainnya. Adware awalnya juga hanya sebagai media promosi bagi para pengiklan. Namun ia semakin berkembang dan sekarang dimodifikasi menjadi spyware yang mana digunakan untuk mengirimkan data korban kepada si hacker...(Waw...)

Adware biasanya akan menyusup ke dalam komputer korban saat ia berselancar di internet. Tanpa disadari, adware akan masuk dan menginstall dirinya sendiri ke dalam sistem komputer. Setelah menjangkit biasanya ia akan memunculkan berbagai iklan produk yang tentunya akan sangat menggangu (iklan yang muncul lebih sering kurang mendidik). Nah, inilah salah satu tujuan dari si pengirim adware, mereka ingin mendapatkan keuntungan dari iklan PPC (Pay Per Click) dan menyebarkannya via adware.

Meskipun dampaknya tidak terlalu besar, namun adware ini sangat menggangu proses kinerja perangkat kita. Apabila terus bermunculan iklan tidak penting tentu kita tidak bisa menggunakan perangkat komputer dengan tenang. Untuk mencegah kejadian itu kita harus waspada dan menambah pengetahuan kita tentang adware (kami akan memberikan materinya lain kali ya...).

Bagaimana cara mudah menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop


Ada beberapa cara yang sudah kami coba peraktekkan, dan sepertinya berhasil. Silahkan pilih cara yang menurut sobat paling mudah.

1. Hapus Temporary Files Komputer Sobat

Temporary file, termasuk cache dan cookies pada browser sering kali menjadi tempat bersarangnya malware. Untuk itu, bersihkan termporary file pada browser, serta windows (termasuk recycle bin) jika ingin menghapus malware dari komputer sobat.

Caranya buka RUN lalu ketik %temp%. Hapus semua isi temporary file tersebut. Kemudian hapus isi recycle bin, caranya klik kanan pada icon recycle bin di desktop lalu pilih empty recycle bin. Untuk menghapus temporary files di browser Chrome, buka history, klik menu lalu pilih opsi hapus data penjelajahan. Centang semua opsi untuk menghapus semua data.

2. Aktifkan Windows Defender

Windows defender merupakan program keamanan bawaan Windows. Windows Defender sangat efektif melindungi komputer sobat dari Virus Adware. Sobat bisa melakukan scanning secara normal saat komputer digunakan, atau bisa juga melakukannya secara offline. Menggunakan Windows defender offline lebih direkomendasikan, karena dengan cara ini proses scanning akan dilakukan sebelum masuk Windows (saat booting).

3. Menggunakan Aplikasi Anti Malware

Ada banyak aplikasi anti malware yang dapat sobat download di internet. Dari yang free sampai yang berbayar. Silahkan browsing menggunakan chrome atau firefox untuk menemukan aplikasi tersebut. Setelah sobat menemukan yang cocok, silahkan download lalu install di komputer masing-masing.

4. Instal Ulang Komputer Sobat

Solusi terakhir untuk mengatasi virus adware adalah dengan melakukan instal ulang komputer. Namun hal ini adalah solusi terakhir jika memang 3 tips di ata tidak berhasil.

Cara Menghilangkan Virus Adware / Iklan di PC Laptop


Nah demikian beberapa cara dari kami, sebenarnya masih banyak cara yang dapat sobat temukan di internet tapi karena keterbatasan waktu kami hanya merangkum yang sudah pernah kami coba saja. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related Posts
Previous
« Prev Post

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.