Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw

Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw

Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw - Sobat 4corel sekalian mungkin pernah mengalami peristiwa kurang menyenangkan dengan aplikasi coreldraw apalagi jika sobat sedang mendesain sebuah objek yang berukuran besar misalnya baliho dll. Ya...terkadang peringatan Not Responding seperti pada gambar di bawah ini muncul.

Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw

Hmmmm....rasa kesal pasti muncul....bayangkan sudah capek mendesain berjam-jam...eh..malah hilang tanpa bekas...tepok jidad...hadeuuuuh....Kami dulu sering mengalami peristiwa ini, tapi setelah berkelana dan mencari jawabannya pada mbah google...akhirnya sekarang kami sudah punya jurus ampuh untuk mengatasi hal tersebut...nyimak terus ya sampai habis....


Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw


Sebelum kita membahas tipsnya...terlebih dahulu kita harus tau "Apa sih Penyebab muncul peringatan Not Responding" pada coreldraw???....

Berdasarkan beberapa sumber yang kami dapatkan, peringatan Not Responding sering muncul ketika:
  • Sobat mendesain sebuah file yang berukuran sangat besar. Misalnya baliho dengan ukuran 6 x 10 meter dll.
  • Not Responding juga sering muncul ketika kita mengimport suatu file yang memiliki ukuran yang besar. Misalnya: sobat ingin mengimport file vector yang telah di download di internet.
  • Sobat masih menggunakan komputer dengan spek yang standart dan tidak didesain khusus untuk desain grafis, misalnya sobat menggunakan prosessor dual core/core i3.



Tips mengatasi Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw


1. Gunakan skala ketika mendesain sebuah objek yang berukuran besar.

Sebagai contoh sobat akan mendesign banner menggunakan ukuran 3X2 Meter, yang artinya 200x300cm.Jangan format ukuran dengan yang sebenarnya, maksudnya kalau sobat design banner ukuran 200x300cm maka gunakan skala yaitu 20cm x 30cm. Nah nanti ketika  ingin di cetak, Export terlebih dahulu file tersebut ke JPG/JPEG seperti pada gambar di bawah ini.


Ganti ukuran Widht dan Height menjadi ukuran sebenarnya serta atur resolusinya. Untuk file dengan ukuran 200x300 cm resolusinya boleh diatur menjadi 72.

2. Save As File Vector menjadi Format AI atau SVG.

Biasanya file vector yang sering disediakan di internet berformat EPS. Untuk file yang berukuran kecil mungkin tidak masalah namun tentu hal sebaliknya jika file tersebut berukuran besar. Nah...sebelum sobat import file tersebut ke halaman coreldraw, ada baikknya diconvert terlebih dahulu ke format AI atau SVG menggunakan aplikasi Adobe Illustrator (Recomended) setelah itu baru di import ke coreldraw.

3. Upgrade Prosessor Komputer Sobat.

Nah tips ini agak lumayan mahal soalnya sobat harus merogoh kocek yang dalam untuk melakukan upgrade prosessor komputer sobat. Tapi tidak masalah...berdasarkan pengalaman kami yang menggunakan komputer berprosessor core i3 dengan aplikasi coreldraw X7 sudah lumayan kok...tapi dengan syarat...jangan membuka aplikasi terlalu banyak ya ketika mendesain...karena ini akan membebani komputer sobat dan alhasil....muncul tu peringatan not responding....jadi buka aplikasi seperlunya saja ok.


Tips Agar terhindar dari Not Responding Saat Desain dengan CorelDraw


Nah demikian beberapa tips dari kami untuk menghindari peringatan "not responding pada corelDraw" semoga bermanfaat ya...

Related Posts
Previous
« Prev Post

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.