Info Blogger : Perbedaan Shortlink (Pemendek URL) dan Safelink


Info Blogger : Perbedaan Shortlink (Pemendek URL) dan Safelink - Sobat 4corel sekalian yang sering mengguakan blog, terlebih blog download tentu tidak asing dengan yang namanya Shortlink dan Safelink. Pada postingan kali ini kami bermaksud ingin sedikit membahas tema ini,semoga bermanfaat ya...

Apa itu Shortlink (Pemendek URL)?

Seperti namanya, shortlink dapat kita artikan sebagai link yang pendek. Biasanya shortlink ini disediakan oleh sebagian besar perusahaan berbasis periklanan, seperti adf.ly, bit.ly, linkshrink dan lain-lain. Fungsi dari Shortlink adalah untuk memperpendek sebuah link atau url(misalnya link download atau url menuju website tertentu) sehingga lebih mudah untuk diingat dan tentu saja agar terlihat lebih proposinal. 

Sebagai contoh misalnya sobat memiliki link "http://www.4corel.com/2018/09/info-blogger-perbedaan-shortlink.html" maka dengan mempastekan link tersebut ke salah satu website Shortlink, misalnya adf.ly maka nantinya link tersebut akan diringkas menjadi "adf.ly/1cBTvH" sehingga mudah untuk dihafal.

Apa keuntungan menggunakan Shortlink (Pemendek URL)?

Nah berikut beberapa keuntungan menggunakan Shortlink 
1. Tentu saja untuk memendekkan URL download atau website sobat
2. Mendapatkan uang tambahan dari blog
Salah satu alasan para blogger memendekkan URL pada beberapa situs penyedia shorter link adalah untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Hal ini dengan melakukan registrasi dan menjadi anggota dari situs tersebut lalu memasukkan beberapa link. Nah, ketika para pengunjung mengklik link shorter tersebut, maka pemilik link akan mendapatkan dollar dalam bagian kecil (biasanya ini tergantung dari pengunjung negara) yang nantinya dapat dicairkan ke rekening paypal, dll.

Apa kerugian menggunakan Shortlink (Pemendek URL)?

Selain keuntungan diatas, Shortlink juga memiliki kekurangan. Shortlink akan membuat akses URL yang diklik terasa agak lambat. Tentu saja, karena sebelum sobat mendapatkan link asli, sobat akan diarahkan ke halaman Shortlink terlebih dahulu.Hal ini terkadang membuat jengkel para pengunjung apa lagi yang memiliki koneksi internet yang lambat.

Selain hai tersebut, jika alamat Shortlink terhapus, maka pengunjung hanya akan mendapati pesan URL error dan tidak akan bisa menuju pada URL asli. Sehingga sobat terpaksa harus mengganti Shortlink tersebut dengan link yang asli.

Apa itu Safelink ?

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak. Safelink merupakan sebuah kata di dalam bahasa inggris yang memiliki makna “Tautan aman / link aman”. Safelink dibuat untuk mengamankan sebuah link atau tautan. Link tersebut diamankan, agar tidak mudah mati atau juga tidak mudah dicopas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Seperti halnya shortlink, Safelink juga dapat memberikan penghasilan dari link yang disebar / share. Hal tersebut, tentunya hanya berlaku pada safelink yang dipasangi iklan, atau juga safelink yang memang dikhususkan untuk dibayar per kunjungan nya.  

Nah, jadi manfaat safelink adalah untuk :

1. Mengamankan link
2. Mencegah pencurian link
3. Mendapatkan penghasilan / uang tambahan dari iklan

Info Blogger : Perbedaan Shortlink (Pemendek URL) dan Safelink

Demikian beberapa informasi tentang Shortlink (Pemendek URL) dan Safelink, semoga bermanfaat

Related Posts
Previous
« Prev Post

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.